Kamis, 23 Mei 2013
Tahukah Anda bahwa Merek tak hanya sekadar jaminan kualitas. Di dalam
sebuah merek terdapat makna yang sangat berharga bagi produsen, diantaranya:
1. Atribut produk, seperti halnya kualitas, gengsi, nilai jual kembali desain, dan lain-lain. Sebuah produk menyatakan apakah produk itu mahal, berkualitas, berkelas, produk yang dibuat dengan baik, terancang baik, tahan lama, bergengsi tinggi, dan sebagainya.
2. Manfaat. Meskipun suatu merek membawa sejumlah atribut konsumen sebenarnya membeli manfaat dari produk tersebut. Dalam hal ini atribut merek pada label baju diperlukan untuk diterjemahkan menjadi manfaat fungsional atau manfaat emosional. Sebagai gambaran, atribut “mahal” cenderung diterjemahkan sebagai manfaat emosional, sehingga orang yang memakai pakaian akan merasa dirinya dianggap penting dan dihargai.
3.Nilai. Merek juga menyatakan sesuatu tentang nilai produsen. Misalnya, pakaian bahan sutra menyatakan produk yang berkualitas tinggi, nyaman, bergengsi, dan sebagainya. Dengan demikian produsen pakaian berbahan sutra juga mendapat nilai tinggi di mata masyarakat.
4. Budaya. Merek juga mencerminkan budaya tertentu.
5. Kepribadian. Merek juga mencerminkan kepribadian tertentu. Sering kali produk tertentu menggunakan kepribadian orang yang terkenal untuk mendongkrak atau menopang merek produknya.
6. Pemakai. Merek menunjukkan jenis konsumen yang membeli atau menggunakan produk tersebut. Pemakai Pakaian dengan merek berkelas pada umumnya diasosikan dengan orang kaya, kalangan manajer puncak, dan sebagainya.
Jadi, Merek adalah nama, tanda, simbol atau desain atau kombinasi diantaranya, yang ditujukan untuk mendidentifikasi barang atau jasa dari satu penjual atau kelompok penjual dan untuk mebedakannya dari pesaing. Oleh sebab itulah, pemasangan merek pakaian pada label baju memiliki makna yang sangat dalam dan penting bagi pengusaha pakaian
Langganan:
Posting Komentar
(
Atom
)
0 komentar :
Posting Komentar